Sedekah Akhir Tahun Bencana Indonesia

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

INDONESIA DARURAT BENCANA. Belum usai letusan Gunung Agung, Pulau Jawa diguyur hujan beberapa hari terakhir tanpa henti menyebabkan banjir dan longsor

17.46%
Rp. 17.456.273
131
0 Hari lagi
SHARE

 


(Sumber : Instagram Info Bali)

Menghitung hari jelang pergantian tahun Masehi 2017-2018, Indonesia tengah dilanda bencana. Senin (27/11), Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis BMKG (Tropical Center Warning Center/TCWC) berhasil mendeteksi siklon tropis yang tumbuh sangat dekat dengan pesisir selatan Pulau Jawa dengan nama "Cempaka” yang mengakibatkan perubahan pola cuaca.

Dampak siklon tropis Cempaka ini berupa potensi hujan lebat di wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur. Angin kencang hingga 30 knot juga berpotensi di Wilayah Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Laut Jawa, Selat Sunda bagian Utara, Perairan Utara Jawa Timur hingga Kepulauan Kangean, Laut Sumbawa, Selat Bali hingga Selat Alas, Selat Lombok bagian Selatan dan Perairan Selatan Bali hingga Pulau Sumba.


(Sumber : Instagram Info Sumatera Barat)

Potensi gelombang tinggi 2,5-6 meter di Perairan Selatan Jawa Timur, Laut Jawa bagian Timur, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Tengah. Diperkirakan siklon tropis Cempaka masih akan bertahan dalam dua hingga tiga hari kedepan. Cuaca ekstrim tersebut menyebabkan beberapa daerah di Indonesia terdampak bencana.

Meletusnya Gunung Agung Bali telah menyita perhatian besar masyarakat Nusantara. Darurat penerbangan Bali pun ditutup, masyarakat sekitar Gunung Agung dievakuasi ke tempat paling aman dari semburan lava panas.


(Sumber : Instagram Info Pacitan)

kabupaten/kota pun tak terelakkan. Di Pacitan, Jawa Timur, sebanyak 11 orang meninggal dunia, sembilan orang dikabarkan meninggal akibat tertimbun tanah longsor di Kabupaten Pacitan, serta dua orang lainnya hanyut terbawa banjir. Dikabarkan pula wilayah Jawa lainnya dilanda banjir dan longsor. Menyusul Lombok Timur dilanda banjir bandang pada Sabtu (18/11), sebanyak dua korban meninggal dunia.

Dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia saat ini sangat dibutuhkan para korban terdampak bencana. Tim Siaga Bencana (SIGAB) akan bergerak ke beberapa wilayah bencana melalui kantor-kantor cabang PPPA Daarul Qur'an yang terletak paling dekat dengan lokasi, mengirimkan bantuan emergency, logistik hingga membangun posko dapur umum untuk para korban.


(Sumber : Instagram Info Pacitan)

Untuk Mendukung Program ini Caranya :
1. Klik tombol warna kuning "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Tanda Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi Biodata di kolom yang tersedia dan "Klik Lanjut"
4. Pilih metode pembayaran (Tersedia Bank BCA/BRI/Mandiri/BNI Syariah) atau Dompet Sedekah jika sudah melakukan Login.
5. Silahkan melakukan transfer sedekah sesuai dengan informasi yang disampaikan oleh sistem pada Email Komitmen Sedekah.
6. Dapatkan laporan via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda. Jika mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan kepada kami.

Layanan Kesehatan Pasca Banjir Lombok

Tim Siaga Bencana (SIGAB) PPPA Daarul Qur'an telah sampai di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Hari ini Rabu (6/12), tim menyediakan layanan medis di tengah-tengah korban banjir bandang yang terletak di Posko Masjid Nurul Iman di Kampung Orong Bukal, Dusun Sepapan, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Dampak banjir bandang cukup besar bagi warga Kampung Orong Bukal, sebab tak hanya rumah tapi sawah-sawah mereka pun hancur setelah diterjang banjir minggu lalu. Sekitar 330 Kepala Keluarga (KK) mengungsi ke posko-posko yang ada dan sebagian tinggal di rumah sanak saudara terdekat.


(Sumber : Dokumentasi Pemeriksaan Korban Banjir Bandang lombok PPPA Daarul Qur'an Makassar)

Banjir bandang ini juga mengakibatkan ratusan warga terkena berbagi macam penyakit seperti infeksi saluran pernapasan, demam, dermatitis alergi, cepalgia, commond cold dan myalgia. Karenanya, tim SIGAB PPPA Daarul Qur’an memberikan bantuan layanan kesehatan kepada para korban terdampak bencana.

“Kami akan bergerak ke rumah-rumah warga yang belum tersentuh bantuan dan menyambangi mereka yang tidak bisa datang ke layanan kesehatan ini,” ujar Didi Kurniawan, Koordinator SIGAB PPPA Daarul Qur’an.

Tak hanya bantuan medis, tim juga memberikan layanan trauma healing dengan menggelar aksi Mobile Qur’an (MoQu) dan mendistribusikan snack untuk anak-anak korban bencana banjir bandang. Dalam aksi kemanusiaan ini, tim SIGAB dibantu PPPA Daarul Qur’an Makassar yang telah bertolak ke Lombok sejak Selasa (5/12).

“Nantinya, tim juga akan melanjutkan aksi kemanusiaannya ke Gunung Agung, Bali. Amanah donatur kami gunakan untuk mensupportlayanan medis dan obat-obatan,” tutur Kepala Cabang PPPA Daarul Qur’an Makassar, Dena Fadhillah.

 

Rp. 50.000

Wahid Hardiyanto
31 December 17

Semoga di tahun 2018 bisa dipertemukan dengan jodoh ku dan nikah di tahun 2018


Rp. 100.000

Dian Hidayatul Khasanah
24 December 17

Smoga Allah SWT sll memberikan rezeki,kesehatan,kebahagiaan & keberkahan yg melimpah utk pribadi,klrga,org tua,suami,anak. Utk bangsa indonesia sll di lindungi dari segala musibah,aamiin...


Rp. 100.000

Devian Larasati
23 December 17

Semoga keluarga disertai berkah serta kesehatan amin


Rp. 250.000

Hamba Allah
23 December 17

Semoga dapat meringankan saudara saudara yg terkena bencana.


Rp. 100.000

Jerry Rahmat Hafiz Solin
22 December 17


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE