Berbagi Senyum Lebaran

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Berbagi kebahagiaan bagi para Pejuang Qur’an, yang membina masyarakat dalam membaca & menghafal Al Qur’an.

0%
Rp. 88.354.505
465
0 Hari lagi
SHARE

 

Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri, PPPA Daarul Qur’an berupaya untuk dapat berbagi kebahagiaan melalui program “Berbagi Senyum Lebaran” setiap tahunnya. Sebanyak 1.000 parcel akan diberikan kepada para pengajar Al Qur'an di kota hingga pelosok Nusantara. 

Penerima parcel adalah para perjuang Qur’an yang sudah bertahun-tahun bergelut membina masyarakat sampai bisa membaca dan menghafal Al Qur’an. Mereka adalah para ustad dan ustadzah rumah-rumah tahfizh, pengasuh pesantren takhassus serta para pahlawan Qur’an yang telah terdaftar dalam program Simpatik Guru.

"Kami ingin memberikan penghargaan kepada pejuang Al Qur'an. Semoga pembagian parcel ini bisa memotivasi para guru tahfzih dalam perjuangan menebar ilmu-ilmu Qur'an," ujar GM Program PPPA Daarul Qur'an, Jahidin.

Melalui program ini, PPPA Daarul Qur'an mengajak para seluruh masyarakat, jemaah dan donatur dari dalam ataupun luar negeri untuk berbagi kebahagiaan dengan para pejuang Qur’an di bulan suci nan mulia ini melalui sedekahonline.com.

“Mudah-mudahan setiap pahala para guru tahfizh menjadi berkah untuk kita semua, Aamiin,” ucap Jahidin.

Untuk Mendukung Program ini Caranya :
1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi form yang sudah tersedia dengan benar
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI Syariah dan BNI Virtual Account) dan jika sudah login bisa menikmati fasilitas "Komitmen Sedekah"
5. Transfer sesuai dengan kode unik yang terdapat di invoice yang sudah dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran BNI Virtual Account diharapkan sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya admin bank.
7. Dapatkan update laporan program via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda.
(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

(Update 4) Panin Dubai Syariah Bank Berbagi Senyum Lebaran

Dalam rangka menyambut Idul Fitri 1439 H, PPPA Daarul Qur’an mengusung program Berbagi Senyum Lebaran sebagai bentuk apresiasi kepada para guru Qur’an yang telah mendedikasikan diri selama puluhan tahun untuk mencetak generasi-generasi muda yang taat kepada Allah.


Sumber : Dokumentasi PPPA Daarul Qur'an berbagi parcel kepada guru guru wilayah jawa barat

Bersama Panin Dubai Syariah Bank, program ini berlangsung di Kantor Pusat PPPA Daarul Qur’an, Ciledug, Tangerang, Kamis (7/6). Para petinggi PPPA dan Panin Dubai Syariah pun ikut langsung dalam acara yang dilangsungkan menjelang buka puasa itu.

Sebanyak 50 guru ngaji menerima bingkisan Berbagi Senyum Lebaran, sebagai simbolis peluncuran program dan selanjutnya PPPA Daarul Qur’an bergerak membagikan 1000 parcel lagi untuk para pejuang dakwah Islam yang ada di kota-kota besar maupun pelosok Indonesia.

“Distribusi bingkisan akan dikirim ke berbagai daerah mulai dari Aceh sampai Papua ada pula di pedalaman Maluku dan Nusa Tenggara Timur. Paket Berbagi Senyum Lebaran merupakan amanah Zakat dan Sedekah dari para donatur dan perusahaan kepada PPPA Daarul Qur'an,” ujar Direktur Utama PPPA Daarul Qur’an, Anwar Sani.

Anwar Sani berharap, bingkisan Berbagi Senyum Lebaran bermanfaat bagi para guru Qur’an. Hal senada disampaikan Direktur Utama Panin Dubai Syariah Bank Bambang Setyoko. Ia mengatakan, lembaganya memang setiap tahun selalu menyisihkan 2,5 persen untuk sedekah.

“Terima kasih kepada PPPA Daarul Qur’an, semoga program yang mulia ini dapat memotivasi para guru-guru Qur’an untuk semakin semangat lagi mengajarkan ilmu-ilmu islam kepada masyarakat,” tutur Bambang.

 

(Update 3) Berbagi Senyum Lebaran di Arakan

Jelang akhir Ramadan, PPPA Daarul Qur’an menuju Rakhine State, Myanmar. Misi kemanusiaan kali ini mendistribusikan paket logistik makanan pokok ke tiga desa dan camp di Arakan, Jumat (8/6).

Program yang didukung Yayasan Hasanah Titik BNI Syariah ini menjangkau Desa Koo Soong, Desa Koo Soong II, Desa Maw Lowwee Kyan dan camp pengungsi Dar Paing Camp di Arakan. Aktivitas distribusi belangsung selama tiga hari.

Direktur Ekskutif PPPA Daarul Qur’an Tarmizi As Shidiq, menjelaskan pengiriman paket bantuan kebutuhan pokok ini untuk membantu warga Rohingnya di Myanmar agar dapat menyambut Idul Fitri dengan layak.

“Tim program PPPA di lapangan melihat dan merasakan kehidupan serba sulit warga Rohingnya di Myanmar. Pada akhir Ramadan ini kami berharap mereka bisa menjalani Idul Fitri dengan damai dan dapat cukup stok makanan,” terang Tarmizi.

Selain pengiriman paket kebutuhan pokok langsung ke Arakan, Myanmar, PPPA Daarul Qur’an juga mengirimkan paket lebaran untuk para guru-guru tahfizh yang mengajar di camp pengungsi Kampung Qur’an Mauducara, Bangladesh. Penyaluran ini dilakukan secara bersamaan.

Selama distribusi bantuan di pedesaan Arakan, warga Rohingnya menyambut antusias. Lalu-lalang mereka yang memanggul paket bantuan, sembari sesekali bergumam, “Alhamdulilah, Alhamdulillah”.

“Mereka yang masih tinggal di desa-desa hidup dalam kemiskinan. Mereka jarang dapat bantuan karena tidak di pengungsian,” kata Hasem, relawan lokal PPPA.

“Kita lihat dan dengar mereka ucap Alhamdulillah berkali-kali. Mereka sangat senang dan bersyukur hari ini”, tandas Hasem yang pada 2012 lalu terusir dari Sitiwe. Sekarang ia dan keluarganya tinggal di camp pengungsian Arakan.

Semoga Idul Fitri di Arakan lebih manusiawi bagi warga Rohingnya di Myanmar.
 

(Update 2) Sempat Disangka Sesat, Kini Zein Punya Ratusan Santri
 

Sudah hampir 15 tahun Zaenal Aripin (30) mengabdikan diri untuk Madrasah Diniyah (MD) At Taqwa di Jalan Siliwangi, Baleendah, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Bukan tanpa rintangan Zein sapaan akrabnya mendirikan tempat belajar Qur’an di kampung halamannya itu.

Zein sudah menjadi guru ngaji sejak kelas II Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), ia merintis MD At Taqwa setelah ayahnya mewakafkan tanah untuk dibuat masjid/mushola. Kondisi madrasah yang lapuk di makan usia tak menyurutkan langkahnya menebar dakwah Islam.

Baleendah memang dikenal sering banjir, MD At Taqwa salah satu tempat ibadah yang selalu tenggelam akibat meluapnya Sungai Citarum. Alhasil plafon-plafon rusak dan tembok-tembok pun perlahan terkikis habis.

Meskipun begitu, Zein tetap istiqomah. Niatnya hanya satu, menebar manfaat untuk masyarakat Baleendah khususnya anak-anak generasi muda agar bertakwa kepada Allah dengan memahami dan menjadikan Al Qur’an sebagai pedoman hidup.

Zein juga sempat ditinggal oleh santri-santrinya lantaran pengajiannya sempat dibilang sesat oleh sejumlah oknum yang tak suka dengannya. Namun ia tak menyerah, pengajiannya tetap berjalan meski hanya tinggal satu santri.

Kini santri MD At Taqwa sudah lebih dari 100 anak. Madrasah yang sebelumnya lapuk dimakan usia dan terendam banjir kini sudah berdiri kokoh di perkampungan Baleendah setelah sejumlah donatur yang entah datang dari mana tiba-tiba menyokong dana untuk merenovasinya.

“Alhamdulillah, seiring berjalannya waktu warga di sini mempercayakan anak-anaknya untuk saya bimbing. Buat saya, ini adalah investasi akhirat,” ucap Zein.

Zein adalah salah satu dari ribuan guru Qur’an yang menginspirasi. Perjuangan dakwahnya patut diapresiasi sebab ia telah melahirkan begitu banyak generasi-generasi rabbani.

Berbagi Senyum Lebaran merupakan salah satu penghargaan dari PPPA Daarul Qur’an untuk Zein dan ribuan pejuang dakwah Qur’an di pelosok-pelosok negeri. Ayo berbagi kebahagiaan dengan para guru Qur’an melalui sedekahonline.com.

 

(Update 1) Doa Antara Takjil Ramadan Kali Code

Puluhan bocah berdatangan ke aula lantai satu, pun puluhan ibu memasuki ruang utama Masjid Al-Hikmah, Terban, Kota Yogyakarta, Jawa Tengah. Masjid di Kampung Ledok di bawah jembatan Gondolayu ramai dikunjungi warga menjelang berbuka puasa. Biasanya, para ibu sedang masyuk di sepanjang Kali Code untuk berbincang, arisan kecil, beberapa mencuci baju, dan mengantri untuk mandi di kamar mandi umum.

Corong suara masjid mulai menggemakan suara seorang pembicara, mengisahkan tentang Kaum Nabi Musa as. yang meminta untuk miskin karena kurang bersyukur, para ibu menyimak tenang. Pembicara itu kemudian bicara tentang rumah yang kecil dan hidup nan sederhana, keadaan yang akrab dengan warga Kali Code, namun dipenuhi iman dan rasa syukur akan lebih membahagiakan dibandingkan kecukupan yang menyesakkan dada tanpa rasa syukur.


Sumber : Dokumentasi PPPA Daarul Qur'an Jogja buka puasa bersama santri kali code dan pembagian  parcel lebaran

Pembicara itu adalah Muhammad Yahya, seorang peserta program Beasiswa Tahfizh Qur’an (BTQ) for Leaders di wilayah Yogyakarta, yang tengah mengisi tausiyah pembukaan Program Pesantren Literasi Ramadan sekaligus penyaluran program Berbagi Takjil Ramadan dan Berbagi Senyum Lebaran di tepian Kali Code pada Rabu (30/5) kemarin.

Kali Code, di sepanjang lorong-lorong antara rumah-rumah yang bertumpuk, bersama Tim PPPA Daarul Qur’an dan beberapa peserta BTQ for Leaders, dakwah Al Qur’an telah berlangsung dua tahun terakhir. Para bocah kini mulai lancar membaca Al Qur’an dan pada 2 Juni nanti akan berlangsung Wisuda Surat Ar Rahman. Para ibu mulai mengindahkan menghafal Al Qur’an anak-anaknya. Di kampung yang dikenal “gelap”, kini cahaya-cahaya mulai memendar.

Derak dakwah Al Qur’an di Kali Code pun tidak semata karena hadirnya para Penghafal Al Qur’an binaan PPPA Daarul Qur’an, tetapi juga karena ada kesetiaan para guru Qur’an dan pejuang lainnya di Kampung Ledok, Terban. Mereka berderak pelan sunyi di tengah riuh tengah Kota Yogyakarta.

Pada Ramadan 2018 ini, semoga Program Berbagi Senyum Lebaran dan Berbagi Takjil Ramadan di Kali Code menggugah tenaga mereka untuk berjalan lebih jauh lagi, memendarkan para bocah lebih terang, dan menderakkan warga lebih giat lagi untuk menjadi muslim yang lebih baik yang kelak akan menghadirkan ulama dan cendikia dari Kali Code, kampung bawah Jembatan Gondolayu, Kota Yogyakarta. Aamiin, insyaallah.

250.000

Eni Faizatul Iffah
12 June 18

semoga diberikan kesehatan, kelancaran rezeki dan terkabul segala hajat. Aamiin.


300.000

Siswi Pratihaningsih
12 June 18


200.000

Istighfarni
12 June 18


50.000

Martin Megger(Ibu Kasiani)
31 May 18


100.000

Oki Kurniawan
31 May 18


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE