Bantu Masyarakat Terdampak Erupsi Merapi

Oleh: Daarul Qur'an ( Admin Daarul Qur'an)

Erupsi terjadi di Gunung Api Merapi, Jawa Tengah pada Jumat, (11/5) pukul 7:40 WIB dengan durasi kegempaan lima menit.

15.39%
Rp. 7.694.617
72
7 Hari lagi
SHARE

 

Erupsi terjadi di Gunung Api Merapi, Jawa Tengah pada Jumat, (11/5) pukul 7:40 WIB dengan durasi kegempaan lima menit. Ketinggian kolom erupsi mencapai 5500 m di atas puncak. Erupsi yang terjadi bersifat freatik (dominasi uap air). 

Di Merapi sendiri PPPA Daarul Qur’an telah mendirikan Kampung Qur’an pasca letusan Merapi pada 2011 lalu. Alhamdulillah setelah tujuh tahun berdiri, kegiatan tahfizhul Qur’an kini telah menjadi rutinitas di kampung tersebut.

Karenanya PPPA Daarul Qur’an mengajak seluruh masyarakat Indonesia, donatur dan jemaah membantu masyarakat kampung Merapi khususnya para penghafal Al Qur’an yang kini tengah terdampak erupsi melalui sedekahonline.com.

Tidakkah kita merasa Allah sedang merindukan hambaNya? 
Ustadz Yusuf Mansur tak henti-hentinya mengajak masyarakat agar senantiasa ‘’menghadirkan’’ Allah SWT dalam setiap persoalan kehidupan. Termasuk dalam menyikapi bala bencana.

Salah satu jurus jitu menolak bencana adalah sedekah. Dalam hadis qudsi, Allah SWT berfirman, “Wahai Anak Adam, kosongkan gudangmu untuk memenuhi apa yang ada di sisi-Ku. Niscaya Engkau akan selamat dari kebakaran, kebanjiran, pencurian dan kejahatan “ (HR Thabrani dan Baihaqi).

Untuk Mendukung Program ini Caranya :

1. Klik tombol "SEDEKAH SEKARANG"
2. Pilih "NOMINAL" dengan klik "Panah Bawah" dan Sertakan Doa.
3. Isi form yang sudah tersedia dengan benar
4. Pilih metode pembayaran (Transfer Bank BCA, BRI, Mandiri, BNI Syariah dan BNI Virtual Account) dan jika sudah login bisa menikmati fasilitas "Komitmen Sedekah"
5. Transfer sesuai dengan kode unik yang terdapat di invoice yang sudah dikirim melalui email atau sms.

6. Jika menggunakan metode pembayaran BNI Virtual Account diharapkan sesuai dengan total biaya yang sudah ditambahkan dengan biaya
admin bank.
7. Dapatkan update laporan program via email dan pastikan email Daarul Qur'an berada di kotak masuk/primary Anda.
(**Jika Anda mengalami kesulitan bisa mengirimkan pesan chat kepada kami dengan klik "Tombol Bantuan")

Selamat Berpuasa dari Siaga Merapi

Di pengungsian cuma ada mie instan dan sedikit sayur-sayuran,€ terang mbak Jumini perihal data konsumsi pengungsi Dusun Kalitengah Kidul, Glagaharjo, Sleman kepada Tim PPPA Daarul Qur'an Cabang Yogyakarta pada Rabu (22/5). Sekitar 318 warga mengungsi dari Dusun Kalitengah Kidul yang berjarak kurang lebih 5 KM dari puncak Merapi, satu dusun yang menjadi program Kampung Qur'an PPPA Daarul Qur'an sejak 2012.

Pukul 23.00 WIB, Tim PPPA Daarul Qur'an tiba di Balai Desa Glagaharjo, posko pengungsian terdekat dengan puncak Merapi, membawa sepaket bahan baku makanan sehat cukup untuk 400 orang. Sejak Selasa dini hari (21/5), paska tiga kali erupsi freatik sebelumnya, warga dusun Kalitengah Kidul sudah diwajibkan mengungsi karena Merapi dalam status siaga. Merasa aman, siang harinya warga pun kembali ke rumah masing-masing meski situasi masih dalam status siaga.

Pukul 01.00 WIB, Tim PPPA Daarul Qur'an melanjutkan perjalanan naik ke dusun terdekat dengan puncak Merapi untuk mendistribusikan lauk sahur kepada warga Kalitengah Kidul. Tetiba, angin berhembus sangat kencang, ranting pohon berjatuhan, batang pohon sesekali tumbang di kiri kanan mobil pengangkut menu sahur warga. Kali ini angin terasa hangat, tidak seperti biasanya angin lembah Merapi yang dingin dan basah.


Sumber : Tim Sigab PPPA Daarul Qur'an Memberikan Makanan untuk Saur para pengungsi Gunung Merapi

Lauk sahur telah dibagikan, Tim PPPA Daarul Qur'an berjaga bersama warga dan Basarnas di Poskamling di bawah gapura Kampung Qur'an Merapi. Seluruh kampung siaga, semua kendaraan bermotor diparkir di luar rumah menghadap ke jalan, berjaga-jaga jika kawah Merapi meletus tiba-tiba.

Benar adanya, angin bertambah besar dan terasa lebih panas, pukul 3.42 WIB sirine erupsi meraung kencang. Lava berguguran dari kawah berderum kencang. Lima kali suara letusan terdengar jelas, api dan langit merah memenuhi langit Kalitengah Kidul dan abu tebal mulai mendekat. Semua warga dan Tim PPPA Daarul Qur'an menuju posko pengungsian di Balai Desa Glagaharjo, 9 KM dari kawah Merapi yang sedang erupsi.

Rabu (23/5) pagi, cuaca cerah, sangat terang, namun Merapi tidak terlihat sama sekali, langit Kota Yogyakarta terlihat abu-abu, angin bergerak ke barat daya kawah Merapi. Tim PPPA Daarul Qur'an masih bersiaga di posko pengungsian warga, sekaligus menyiapkan buka puasa ternikmat maghrib nanti dengan menu ayam goreng, telur dadar, dan susu hangat untuk 318 warga Kalitengah Kidul. Dalam kesiagaan ini, selamat berpuasa dari Tim PPPA Daarul Qur'an Yogyakarta dan warga Kampung Qur’an Merapi.

Rp. 100.000

anonim
25 May 18

semoga berkah bagi kami dan warga yang menerima. aamiin. terima kasih untuk PPPA DAQU yang telah menjadi perantara kami dan saudara kami di sekitar Merapi


Rp. 500.000

Hamba Allah
25 May 18

yaaaa Allah... Mohon agar adik hamba diberi hidayah dan sembuh dari sakitnya (bipolar) serta saya dapt membantunnya untuk membayarkan hutangnya yg ratusan jta rupiah... Aamiin...


Rp. 100.000

Hamba Allah
25 May 18

Allahummasholi'ala Muhammad. Bismillah ya Allah... berikanlah jodoh yg sholeh,penyayang dan bertanggung jawab tahun ini ya Allah.. Aamiin


Rp. 200.000

Hamba Allah
25 May 18

Ya Allah semoga hamba menjadi anak yang sholeha dan dapat membahagiakan orang tua hamba baik di dunia maupun akhirat


Rp. 500.000

Hamba Allah
23 May 18


TAMPILKAN DONATUR LAINNYA

SHARE